Makam Prabu Geusan Ulun Sumedang

Eyang Jaya Perkosa jagoannya sang Prabu dikabarkan meninggal dalam krisis dua kerajaan yakni Kerajaan Sumedang Larang dan Kerajaan Cirebon. Makam Cut Nyak Dien.


Makam Dayeuh Luhur Direktori Sumedang

Pada awal berdiri bernama Kerajaan Tembong Agung dengan ibukota di Leuwihideung sekarang Kecamatan Darmaraja.

Makam prabu geusan ulun sumedang. Sejarah Museum Prabu Geusan Ulun Kawasan Museum Prabu Geusan Ulun di Pendopo Kota Sumedang. Sejarah masa lampau Kabupaten Sumedang memiliki berbagai macam benda pusaka yang kaya akan nilai sejarah. Masa kejayaan Sumedang Larang pada masa pemerintahan Prabu Geusan Ulun 1578 1601 M ketika pada masa pemerintahan Pangeran Santri Pangeran Kusumahdinata I raja Sumedang Larang ke-8 ayah dari Prabu Geusan Ulun pada tanggal 22 April 1578 atau bulan syawal bertepatan dengan Idul Fitri di Keraton Kutamaya Sumedang Larang Pangeran Santri menerima empat Kandaga Lante.

Benda benda pusaka tersebut di simpan di Museum Prabu Geusan Ulun yang berlokai di Jl. Makam Dayeuh Luhur 03-04-2012 Kabupaten Sumedang 61469 baca. Kuncen generasi ke 10 makam keramat Prabu Geusan Ulun Dudu Binatawirya menyebutkan Prabu Geusan Ulun memilih menetap di Dayeuh Luhur karena ketika itu Patih Eyang Jaya Perkosa gugur di medan laga.

Museum Prabu Geusan Ulun berdiri pada tahun 1973 dengan pemiliknya Yayasan Pangeran Sumedang. Makam dikelilingi oleh jalan desa di sebelah timur lapang parkir. Usai berguru di Demak hingga akhirnya Prabu Geusan Ulun pulang sebelum sampai ke Sumedang Larang dia mampir dulu ke Cirebon untuk bersilaturahmi dengan Pangeran Giri Laya Raja Cirebon.

Prabu Geusan Ulun pun berangkat ke Demak untuk belajar agama Islam. Beliau adalah pengganti Ratu Pucuk Umun yang merupakan raja pertama Kerajaan Sumedanglarang yang beragama Islam. Museum ini terletak di tengahpusat kota Sumedang 50 Meter dari Alun-alun ke sebelah selatan berdampingan dengan gedung bengkok atau gedung negara dan berhadapan dengan gedung-gedung pemerintah jarak dari Cirebon ke Sumedang 85 KM sedangkan dari Bandung 1 jam.

Museum Prabu Geusan Ulun Keraton Sumedang. Makam Prabu Geusan Ulun sendiri terletak di bagian utara desa di sisi barat jalan desa Dayeuh Luhur. Mbah Badori atau Siti Armilah adalah istri Pangeran Muhammad sang Perintis kota MajalengkaUntuk info yang lainnya silahkan klik di bawah ini Telusur Mba.

Prabu Geusan Ulun No40 Regol Wetan Kec. Anak Tiri Prabu Geusan Ulun dari Ratu Harisbaya. Ia punya tiga putra yaitu Prabu Lembu Agung Prabu Gajah Agung dan Sunan Geusan Ulun.

VERSI LAINPetilasan Sunan Ulun di Desa Mancagahar Santolo Sayang Heulang Kecamatan Pamengpeuk Kabupaten GarutUntuk menziarahi Makam Sunan Ulun Sunan Geusa. Prabu Geusan Ulun adalah tokoh yang cukup penting pada masa lampau. Sumedang Sel Kabupaten Sumedang.

Menurut Sejarah Limbangan kelak keturunan Pangeran Angkawijaya atau Prabu Geusan Ulun Raja Sumedanglarang 1578 1601 M secara turun temurun menjadi para Bupati Sumedang kecuali 1 anak tiri 11 12 dan 13 yaitu. Berdirinya Museum Prabu Geusan Ulun berawal dari terbentuknya Yayasan Pangeran Sumedang YPS sebagai lembaga yang mengurus memelihara dan mengelola barang Wakaf Kangdjeng Pangeran Aria Soeria Atmadja PASA Bupati Sumedang 1882 1919. Nama museum ini diambil dari nama raja terakhir yang memerintah Kerajaan Sumedang Larang dari tahun 1578-1601 yaitu Prabu Geusan Ulun.

Nama museum ini diambil dari nama terakhir raja yang memerintah kerajaan Sumedang Larang pada tahun 1578-1601 yaitu Prabu Geusan Oeloen. SEJARAH SINGKAT MUSEUM PRABU GEUSAN ULUN YAYASAN PANGERAN SUMEDANG. Pangeran Aria SuriadiwangsaPangeran Rangga Gempol I 1601 1625 M.

Makam tersebut berada di tengah kompleks makam yang secara umum dibagi menjadi 3 bagian. Prabu Agung Resi Cakrabuana atau lebih dikenal Prabu Tajimalela dianggap sebagai pokok berdirinya Kerajaan Sumedang. Keberangkatan Prabu Geusan Ulun diiringi ke empat patih yang setia tersebut.

Tidak heran jika Kabupaten Sumedang ini menjadi wisata spiritual yang begitu banyak. Awalnya museum ini diberi nama Museum Yayasan Pangeran Sumedang YPS karena memang museum ini dikelola langsung oleh Yayasan Pangeran Sumedang. Berdasarkan Layang Darmaraja Prabu.


Wisata Sumedang Prabu Geusan Ulun Makam Dayeuhluhur Ziarah Youtube


Ziarah Makam Prabu Geusan Ulun Penerus Tahta Kerajaan Pakuan Padjadjaran


Makam Prabu Geusan Ulun Dayeuh Luhur Sumedang Youtube


Warta Cikupa Makam Prabu Geusan Ulun


Ziarah Ke Makam Dayeuhluhur Sumedang Jangan Pakai Batik Jurnalpriangan Com


Prabu Geusan Ulun Wikipedia Bahasa Indonesia Ensiklopedia Bebas


Makam Dayeuh Luhur Direktori Sumedang


Makam Embah Jaya Perkasa Dayeuh Luhur Sumedang Youtube


Pesona Prabu Geusan Ulun Bagi Padjadjaran Dan Ratu Haris Baya Halaman 1 Kompasiana Com


Prabu Geusan Ulun Wikipedia Bahasa Indonesia Ensiklopedia Bebas


Sekilas Silsilahnya Ratu Harisbaya Permasuari Ke 2 Prabu Geusan Ulun Cipaku Darmaraja


Makam Dayeuh Luhur M2indonesia


Makam Dayeuh Luhur Direktori Sumedang


Makam Prabu Geusan Ulun Raja Sumedang Larang Dayeuh Luhur Youtube


Warta Cikupa Makam Prabu Geusan Ulun


Ziarah Bupati Sumedang Ke Makam Para Leluhur Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat


Pesona Prabu Geusan Ulun Bagi Padjadjaran Dan Ratu Haris Baya Halaman 1 Kompasiana Com


Gunung Puyuh Direktori Sumedang


Tabloid Pamor Pertahankan Budaya Bangsa


Posting Komentar