Pencipta Lagu Bandung Lautan Api: Kisah Di Balik Lagu Kebangsaan Indonesia


TekiTeki Pencipta Lagu "HaloHalo Bandung"
TekiTeki Pencipta Lagu "HaloHalo Bandung" from tirto.id

Sejarah Lagu Bandung Lautan Api

Lagu Bandung Lautan Api menjadi sangat terkenal di Indonesia. Terlebih lagi, lagu ini menjadi lagu kebangsaan Indonesia. Tapi, tahukah kamu siapa pencipta dari lagu ini? Lagu Bandung Lautan Api diciptakan oleh seorang musisi asal Bandung bernama Ismail Marzuki. Beliau lahir pada tanggal 11 Mei 1914 dan meninggal pada tanggal 25 Mei 1958.

Sejak kecil, Ismail Marzuki sudah sangat tertarik dengan musik. Beliau bahkan sudah menghasilkan karya-karya musik sejak remaja. Ismail Marzuki sempat menimba ilmu musik di Konservatorium Muziek di Batavia (sekarang Jakarta) pada tahun 1930-an.

Di usia yang masih sangat muda, Ismail Marzuki sudah menciptakan banyak lagu yang terkenal. Salah satu lagunya yang paling populer adalah lagu Aci Aci Buka Pintu. Lagu tersebut menjadi sangat terkenal dan sering dinyanyikan oleh masyarakat Indonesia di masa itu.

Bandung Lautan Api

Pada tahun 1946, Ismail Marzuki menciptakan lagu Bandung Lautan Api. Lagu ini terinspirasi dari peristiwa yang terjadi di Kota Bandung pada masa Revolusi Kemerdekaan Indonesia. Pada tahun 1946, tentara Belanda menyerang Gedung Sate di Bandung dan menyebabkan kebakaran yang besar. Kebakaran tersebut menyebabkan banyak korban jiwa dan kerusakan yang besar.

Ismail Marzuki menciptakan lagu Bandung Lautan Api sebagai bentuk penghormatan kepada para korban dan juga sebagai bentuk semangat perjuangan dalam melawan penjajah. Lagu ini menjadi sangat populer dan banyak dinyanyikan oleh rakyat Indonesia pada masa itu.

Lagu Kebangsaan Indonesia

Pada tahun 1950, Presiden Sukarno meminta Ismail Marzuki untuk menciptakan lagu kebangsaan Indonesia. Ismail Marzuki kemudian menciptakan lagu Indonesia Raya yang menjadi lagu kebangsaan Indonesia hingga saat ini. Lagu ini menjadi sangat terkenal dan sering dinyanyikan dalam berbagai acara kenegaraan di Indonesia.

Peringatan Ismail Marzuki

Meskipun Ismail Marzuki sudah meninggal, karyanya tetap diingat dan dihargai oleh masyarakat Indonesia. Setiap tahun pada tanggal 11 Mei, masyarakat Indonesia memperingati hari kelahiran Ismail Marzuki sebagai bentuk penghormatan kepada beliau dan juga sebagai bentuk penghargaan terhadap karya-karya musiknya.

Kesimpulan

Ismail Marzuki adalah seorang musisi yang sangat berbakat dan memiliki banyak karya-karya musik yang terkenal. Lagu Bandung Lautan Api yang diciptakan oleh beliau menjadi sangat populer dan bahkan menjadi lagu kebangsaan Indonesia. Karya-karya Ismail Marzuki tetap diingat dan dihargai oleh masyarakat Indonesia hingga saat ini.

Jangan lupa untuk selalu menghargai karya-karya musisi Indonesia dan terus mendukung perkembangan musik di Indonesia.


Posting Komentar